Cara Membuat Email Gmail di HP Android


Cara Buat Email Gmail | Saat ini hampir semua orang memakai hp android. Ada yang sudah lama memakai hp android tapi ada pula yang baru saja menggunakan hp android. Nah untuk kawan yang baru menggunakan tentunya hal pertama yang harus dimiliki pengguna android adalah akun google sebagai akses untuk membuka Play Store. Untuk memiliki akun google play store pada hp android adalah dengan cara membuat email goole atau gmail. Inilah yang akan saya bagikan, yaitu tentang cara membuat email gmail di HP android.

Membuat email gmail pada hp android tidak perlu membuka browser, sebab kita bisa langsung mengerjakanya  pada aplikasi bawaan system yang disediakan oleh os android. Termasuk aplikasi Gmail pun sudah ada pada od android ini. Kita Cuma perlu mengupdatenya di play store jika memang ada versi updatenya, itupun secara otomatis selama kita terhubung ke internet.

Pada panduan ini saya berikan contoh dengan gambar lengkap menggunakan screenshots dari hp xiaomi redmi note 3. Pada intinya semua hp android meskipun beda merk ataupun type namun menu dan settingnya sama kok, mungkin hanya sedikit berbeda posisi atau letak menunya saja.

Berikut ini secara singkat dan jelas langkah membuat email gmail di hp android. Mari kita mulai :

1. Silahkan buka menu seting yang ada pada layar hp. Scroll kebawah sampai ketemu  Akun atau tambahkan akun. (buka seting - akun).

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

 2. Perhatikan pada gambar diatas, dibagian bawah. Ada menu plus (+), nah, itu adalah menu untuk menambahkan akun atau membuat akun baru. Silahkan di tekan, dan akan muncul tampilan seperti ini.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android


3. Tekan lagi menu Google, kalau di hp saya ada pada urutan ke-4. Cari di layar sobat, menu atau tombol Google ada pada urutan ke berapa. Sudah ketemu ? silahkan di tekan, dan akan muncul tampilan langkah awal untuk mendaftar email. Isikan nama masing masing, nama gaul atau nama panggilan tidak jadi masalah. Misal di sini saya contohkan memakai nama depan zulkarnaen, dan nama belakang id.
Cara Membuat Email Gmail di HP Android


4. Buatlah username yang nantinya kamu buat sebagai tanda pengenal email. Dengan kata lain ini adalah langkah untuk membuat alamat email, bisa menggunakan nama asli atau nama gaul, cara penulisanya harus digabung semua tanpa spasi.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

5. Setelah mengisi nama, klik Next. kemudian sampai pada  melengkapi data lahir dan jenis kelamin. Saya isikan sja bulan April, tanggal 26 tahun 1988. Pilih juga gender atau jenis kelamin, male = pria, female = perempuan dan other untuk yang tidak ingin menyebutkan jenis kelamin. OK

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

6. Sekarang pada create password buatlah kata sandi untuk akun email mu. Minimal 8 karakter, boleh menggunakan kombinasi huruf dan angka atau karakter unik seperti !@#$^& dll. Asalkan paling sedikit 8 karakter dan yang paling penting jangan sampai lupa, catat bila perlu. Kemudian pada kolom confirm password atau konfirmasi password isilah dengan kata sandi yang sama yang baru saja kamu tadi. OK, jika sudah, tekan Next.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

7. Untuk langkah yang satu ini sifatnya optional, bisa ya bisa tidak, terserah kawan mau memasukan nomor hp atau tidak. Jika mau isi silahkan, tapi dalam panduan kali ini saya tidak isi. Biarkan kosong dan tekan Next.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

8. Pada tahap Privacy & Terms kalau mau dibaca silahkan saja, atau bisa langsung scroll kebawah dan ke langkah selanjutnya dengan menekan I AGREE.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

9. Konfirmasi lagi username dan kata sandi yang baru kawan buat. Jika merasa kurang nyaman atau timbul ide baru dengan username email dan kata sandi ya di back saja. Tapi kalau sudah yakin, tekan Next untuk melanjutkan. 
Cara Membuat Email Gmail di HP Android

10. Setelah di next, aplikasi akan memuat atau loading. Ini adalah tanda bahwa server google sedang menerima atau memproses pendaftaran email baru kawan. Tunggu sejenak, jika koneksi internetmu baik maka hanya butuh beberapa detik saja prosesnya.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

11. Set Up Payment Info atau langkah untuk menyeting pilihan pembayaran, gunanya adalah kalau nantinya kawan ingin membeli aplikasi berbayar di play store. Jika tidak, silahkan pilih No Thanks dan Continue. Toh, nantinya juga bisa diseting lagi kalau kawan ingin membeli aplikasi di play store.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

12. Setelah kamu tekan continue, maka aplikasi akan memproses lagi dan menutup otomatis bila sudah selesai. Tidak lama kemudian masuklah info pemberitahuan baru di notifikasi bar android sobat. Silahkan dibuka dan kurang lebih akan nampak seperti dibawah ini.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Dengan mendapatkan pemberitahuan seperti di atas, maka artinya kamu sudah berhasil membuat email gmail baru di hp android. Dan kini kamu sudah bisa menggunakan alamat email atau akun email tersebut untuk mengirim file ke teman ataupun menerima email dari pengirim, bertukar pesan atau juga bisa digunakan sebagai akun google play store. Untuk memastikan sobat juga sudah mempunya email play store, silahkan buka app play store dan buka menunya. Maka muncul lah akun email yang tadi berhasil kawan buat. Seperti ini.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

OK, selesai sudah langkah membuat email di hp android dan pastinya kawan juga sudah berhasil membuat akun google mail. Mudah kan ? Malahan bisa difungsikan juga sebagai akun google play store. Sobat boleh share link artikel cara membuat email gmail ini di facebook atau twitter, ataupun akun media sosial lainya yang dipunyai. Mungkin saja kawan yang lain ada yang belum bisa atau belum tahu langkah cara membuat email gmail di HP android. Terima kasih kawan.


0 komentar:

Posting Komentar


Top